Kamis, 01 Oktober 2009

Kebakaran Sungki Palembang




http://www.sinarharapan.co.id/cetak/berita/back_to/indeks-lalu/read/700-jiwa-kehilangan-tempat-tinggal/?tx_ttnews[years]=2009&tx_ttnews[months]=10&tx_ttnews[days]=1&cHash=bb83d92b9b

Sinar Harapan, Nusantara, Kamis (1/10)


*140 Rumah Ludes Terbakar

700 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal

Palembang - Sedikitnya 140 rumah di Jalan Kemas Rindo, Kelurahan Ogan Baru, Kecamatan Kertapati, Palembang, Rabu (30/9) malam ludes dilalap si Jago Merah.

Sekitar 700 orang kehilangan tempat tinggal.
Api pertama kali diketahui Rivai (50), warga setempat saat sedang bersiap-siap ke masjid untuk salat. Melihat api yang berkobar besar, dia langsung menyuruh keluarganya keluar rumah dan segera mengangkut seluruh harta benda yang dapat diselamatkan.
Hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang melanda lima gang tersebut. Dari pantauan di lapangan hingga pukul 20.00 WIB Rabu malam, api masih menyala. Suasana gelap menyelimuti tempat itu, karena listrik dipadamkan.
Puluhan korban kebakar­an terpaksa mengungsi di Masjid Nurul Hidayah, tidak jauh dari lokasi. Beberapa warga lainnya mengungsi ke rumah keluarga mereka yang terdekat.
Kebakaran yang melanda Kawasan RT 30 dan RT 58 Kertapati tersebut membuat warga sekitar panik. Diper­kira­kan, api mulai menjalar dan membakar rumah warga sekitar pukul 17.30 WIB.







Awalnya, api mulai berkobar dan membesar di tengah kawasan padat penduduk tersebut, dan dalam waktu setengah jam api langsung melalap puluhan rumah.
Suasana gelap serta angin yang bertiup kencang mem­buat api dengan cepat menjalar. Api diperkirakan mun­cul pertama kali dari rumah warga di Gang Bersama. Karena perumahan warga banyak terbuat dari kayu, api pun cepat membesar dan membakar rumah lainnya.

href="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjjshpnarkY_sstHPiPiHRkh3hbEEr2rXkwPXqb-YCysd1k1naqgbkrQtfQ6rYxFu-ZGAN_wfTMHhOr4NZyRFwBPbPt2W-9Z2QbYI8iBdkwPoSYUbC2NW0UueiluUVFAvkTdF6xk1PqlA/s1600-h/DSC_0242.JPG">



Setengah jam setelah diketahui kebakaran, mobil pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran Kota Palembang Posko SU I, tiba di lokasi. Karena kondisi lorong yang sempit, menyulitkan petugas pemadam kebakaran untuk mencapai lokasi. Karena kebakaran tersebut cukup besar, akhirnya sebanyak 25 unit mobil pemadam kebakar­an dari Dinas PBK Kota Palembang pun didatangkan.
Api berhasil dijinakkan sekitar pukul 20.00 WIB. Meski masih membakar sisa puing rumah, para petugas pemadam kebakaran belum juga meninggalkan tempat tersebut. Mereka berjaga-jaga mengantisipasi munculnya sumber api yang dapat membakar perumahan lainnya.
Kapolsekta Kertapati Palembang AKP Ishak Gani mengatakan, hingga kini belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara, penyebab api bermula dari kompor milik warga yang berada di RT 30 meledak. (muhammad nasir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar